Iklan Terkini

Panen Padi di Sleman,

Mendukung sctv s ...

Terganjal Kementerian Pertanian,

WORKSHOP PENDAFTARAN DAN PERLINDUNGAN VARIETAS TANAMAN sepatu adidas

  • August 10, 2017
  • berkah

LIPI jadi instansi litbang dengan sebagian grup kerja di bagian hayati, mempunyai tanggung jawab terkecuali untuk konservasi tetapi juga lakukan studi serta pengembangan pada tanaman. Salah satu bentuk studi berbasiskan hayati yaitu lakukan rekayasa atau pemuliaan tanaman. Pusat Inovasi LIPI mengadakan Workshop Pendaftaran serta Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) yang dikerjakan di CICO Resort – Cimahpar Bogor.

Jumlah peserta yang ikuti workshop PVT ini sejumlah 27 (dua puluh tujuh) orang peserta yang terbagi dalam beberapa peneliti LIPI yang tekuni serta berhubungan dengan aktivitas tiket kereta api pemuliaan tanaman dari sebagian grup kerja di LIPI, diantaranya dari : Puslit Biologi sejumlah 4 orang, Puslit Bioteknologi sejumlah 5 orang, PKT KR Bogor sejumlah 8 orang, UPT BKT KR Cibodas sejumlah 5 orang, UPT BKT KR Eka Karya Bali sejumlah 1 orang, Pusbang TTG Subang sejumlah 1 orang serta Pusat Inovasi sejumlah 3 orang.

Dalam proses workshop PVT, Pusat Inovasi jadi penyelenggara mengundang sebagian narasumber, yakni : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati sebagai Deputi IPH LIPI, Ir. Warsidi dari Kementan, Imam Wiguna dari Majalah Trubus, Prof. Dr. Muhamad Syukur, Sp., M. Si. dari IPB, Dra. Hartutiningsih dari PKT KR Bogor, serta Ir. Ahmad Zaki dari Kementan. Sedang materi yang didapatkan dalam Workshop Pendaftaran serta Perlindungan Varietas Tanaman ini mencakup materi-materi yang berhubungan dengan HKI, teristimewa PVT : 1) Paparan Kebijakan Pengelolaan PVT di LIPI, 2) Peranan Implementasi System PVT tiket pesawat di Indonesia, 3) Prosedur Pendaftaran serta Permintaan Hak Perlindungan Varietas Tanaman, 4) Potensi Usaha Hasil Pemuliaan Tanaman, 5) Pemakaian PVT dari Laboratorium Menuju Pasar, 6) Tehnik Pencarian Dokumen Pembanding serta Pengaturan Technical Guidelines, 7) Studi masalah varietas tanaman Begonia, serta 8) Tehnik Pengujian Varietas (Uji BUSS).

Maksud dan hasil workshop PVT ini diinginkan dapat memberi pemahaman pada peneliti serta atau pemulia juga akan perlindungan varietas tanaman dan memberi deskripsi berkaitan celah komersial/potensi usaha pada varietas tanaman yang udah dilindungi. (THP)