Panduan Lengkap Cara Penanaman Kacang Tanah Yang Baik Dan Tepat

  • July 31, 2017
  • firman

Kacang tanah yaitu tanaman produktif yang masuk dalam grup kacang-kacangan. Tanaman ini seringkali digunakan jadi bahan baku sambal, camilan, selai, ataupun isian roti serta kue. Bila diliat dari market share yang di tawarkan, pemenuhan dari petani masih tetap kurang maksimal. Perihal ini pula yang dapat jadikan celah usaha alternatif di bagian pertanian. Kacang tanah termasuk juga tanaman yang bisa menyesuaikan dengan baik di keadaan tanah yang mempunyai tingkat kesuburan tengah ataupun cukup. Langkah menanam serta perawatannya juga gampang hingga siapapun dapat menanam serta membudidayakannya sendiri. Bila Anda mencari tips komplit menanam serta budidaya kacang tanah, jadi di bawah ini yaitu tips komplitnya :

Pembibitan

Dalam penanaman kacang tanah diakukan tanpa ada melalui sistem penyemaian. Pertama-tama yang perlu dikerjakan yaitu pilih benih kacang tanah yang telah berusia 100 hari, benih dapat dibeli di penjual benih di sekitaran Anda. Kerjakan penyortiran benih yang mulus, tidak mengkerut, serta memiliki ukuran besar. Jemur benih sortiran itu sepanjang 4-5 hari lalu taruh sepanjang 3-6 bulan. Rendam sepanjang satu hari semalam sebelumnya di tanam di tempat tanam.

Pemrosesan Tanah

Kerjakan penggemburan tempat tanam lewat cara dibajak atau dicangkul. Berikan kapur pertanian/dolomit sejumlah 2 ton per hektar bila tanah sangat asam. Campur dengan rata serta diamkan sepanjang 2 hari. Beri harga jam tangan rolex pemupukan basic dengan pupuk kandang/kompos sejumlah 2 ton/hektar. Sebarkan dengan rata serta buat bedengan pada tempat tanam supaya mempermudah penaman. Siapkan parit jadi drainase supaya tanaman tidak digenangi air hingga tanaman tidak busuk.

Penanaman

Pertama-tama buat lubang tanam dengan jarak 25×25 cm. Masukan tiap-tiap lubang tanam dengan satu butir benih kacang tanah. Rata-rata untuk tiap-tiap satu hektar tempat dibutuhkan sekitaran 50 kg benih kacang tanah. Siram tiap-tiap pagi serta sore hari supaya tanaman cepat tumbuh. Biasanya kacang juga akan mulai berkecambah sesudah 4-7 hari masa tanam. Kacang tanah mulai berkembang serempak sesudah 7 hari serta mulai berbunga di usia 20 hari hingga 30 hari.

Perawatan

Rawatlah tanaman waktu masuk usia 30 hari waktu kacang tanah mulai jadi polong. Beri pupuk penambahan yang banyak terkandung posfor supaya bijinya bagus serta banyak. Kerjakan juga penyiangan serta peninggian bedengan supaya dapat menutupi akar, batang, serta daun sisi bawahnya hingga polong dapat tumbuh dengan maksimum. Hindari tanaman dari serangan hama serta penyakit. Beri pestisida serta obat sesuai sama atudan serta dosis bila kacang tanah terlanjur diserang hama serta penyakit.

Pemanenan

Kacang tanah telah siap dipanen waktu berusia 90 hari sesudah tanam. Tanda-tanda kacang tanah telah siap panen yaitu batangnya mengeras, daun mulai menguning/berguguran, apabila dikerjakan sample jadi polong telah sudah terisi penuh dengan biji kacang tanah.