Iklan Terkini

Panen Padi di Sleman,

Mendukung sctv s ...

Terganjal Kementerian Pertanian,

Makanan Berkhasiat Obat Kolesterol Alami

  • June 12, 2017
  • bliherbal

Tahukah Anda tentang penyakit kolesterol? Ya salah satu penyakit yang berasal dari faktor makanan sehari hari ini merupakan momok yang menakutkan terutama bagi mereka yang sudah berumur 30 tahun ke atas, karena kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya. Namun Anda juga perlu tahu tentang beberapa makanan yang dapat menjadi obat kolesterol alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Oleh karena itu mengontrol diri dalam memakan makanan yang masuk ke dalam tubuh setiap hari merupakan kunci untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Selain itu juga Anda dapat memasukkan beberapa jenis makanan di bawah ini untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal. Mari kita simak:

1. Makanan yang Berserat Tinggi

Kandungan serat akan memudahkan organ pencernaan dalam mengolah dan memecah kolesterol supaya tidak masuk ke dalam aliran darah. Selain itu juga dapat membantu ginjal dalam membuangnya melalui proses sekresi, antara lain makanan seperti biji gandum, beras merah, sayuran hijau, rumput laut, dan buah buahan segar.

2. Sayuran Hijau

Tidak dapat dipungkiri bahwa sayuran hijau merupakan obat segala jenis penyakit termasuk sebagai obat kolesterol alami. Kandungan serat dan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk tubuh dalam menyehatkan sistem pencernaan, menjaga berat badan, dan menjaga kadar kolesterol tetap normal. Antara lain sayuran yang dapat Anda konsumsi yaitu seledri, brokoli, dan kubis.

3. Buah Cerry

Buah cerry yang masih segar atau yang sudah dijadikan manisan dalam kemasan ternyata memiliki khasiat yang baik dalam menurunkan kadar kolesterol dan asam urat di dalam tubuh. Selain itu kandungan buah cerry juga dapat menghancurkan lemak yang menumpuk pada area tubuh sehingga menjauhkan kita dari penyakit jantung koroner dan stroke.

4. Buah Apel

Apel segar atau ekstraknya dalam bentuk cuka apel ternyata sangat ampuh sebagai obat kolesterol alami karena kandungan pektin yang dimilikinya dapat membantu tubuh mengeluarkan zat asam urat dan kolesterol dalam tubuh melalui urine.

5. Buah Alpukat

Alpukat yang tinggi protein nabati dapat melawan dampak buruk dari kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung kolesterol baik yang disebut HDL (high density lipo-protein) yang dapat menghancurkan kolesterol jahat atau LDL (low density lipo-protein) dan trigliserida.

6. Buah Pisang

Kandungan potasium dan kalium yang tinggi dalam buah pisang sangat baik sebagai obat kolesterol alami di dalam tubuh. Kedua zat ini dapat membantu pencernaan dalam melarutkan kolesterol dan asam urat yang berlebihan di dalam tubuh sehingga kadarnya akan berkurang karena akan dikeluarkan melalui urine.

7. Teh Hijau dan Air Putih

Minuman satu ini tidak boleh dilewatkan sebagai menu utama dalam mengawali hari hari kita setiap hari. Kandungan anti oksidan di dalam teh hijau dapat mengurangi kadar LDL dan memecah pengkristalan plak kolesterol di dalam pembuluh darah. Air putih juga akan memperlancar proses pencernaan dan pembuangan limbah melalui urine

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan obat kolesterol alami, cukup dengan menambahkannya ke dalam menu harian makanan Anda, maka tubuh Anda akan terbebas dari bayang bayang penyakit kolesterol. Selain itu juga makanan di atas dapat mencegah berbagai macam penyakit lainnya terutama kolesterol dan asam urat.