Iklan Terkini

Panen Padi di Sleman,

Mendukung sctv s ...

Terganjal Kementerian Pertanian,

Melihat Keseharian Juhdi Siswa SD yang viral karena Sepatu 'Menguap'

  • June 08, 2017
  • Salman

Juhdi (13), siswa SD yang kisahnya viral karena sepatunya 'menguap' ternyata pintar dan punya semangat yang tinggi. Di tengah keterbatasan ekonomi keluarga, seperti apa kesehariannya?

Juhdi, siswa kelas 6 SDN Sindanglaya, Cianjur, Jawa Barat, ini lahir di tengah keluarga yang kurang mampu. Dia pun terpaksa ikut bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kampung Padajaya, Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, tempat Juhdi tinggal terkenal dengan tanahnya yang subur. Aneka produk pertanian dihasilkan warga setempat, mulai dari harga wardah white secret ,wortel, bawang dan sayuran lainnya. Juhdi pun memanfaatkan ini dengan cara memungut sisa-sisa panen petani yang kemudian dia bersihkan dan dijual.

"Pulang sekolah atau saat libur saya mungut wortel, satu kantong ke pengumpul dijual seharga Rp 2.500 sampai Rp 5.000," kata Juhdi

Uang itu kemudian Juhdi kumpulkan untuk jajan, membeli buku dan kebutuhan lainnya. "Kalau ada perlu saya ambil sedikit-sedikit. Bapak juga suka kasih uang, tapi kalau bapak lagi kelihatan pusing saya tolak uangnya, kasihan," ujarnya dengan polosnya.