Dampak Buruk Pengangguran terhadap Perekonomian dan Hubungan Masyarakat

  • March 26, 2020
  • gombloh

Pengangguran merupakan salah satu masalah ekonomi yang menjadi sumber dari berbagai masalah sosial lainnya. Pengangguran menjadi momok setiap tahun dikarenakan selalu ada. Faktor penyebab dan dampak pengangguran sangat beragam mulai dari meningkatkan terjadinya kriminal hingga menurunkan aktivitas ekonomi.

Faktor penyebab Pengangguran

Besarnya dampak yang diakibatkan oleh pengangguran, akan lebih baik jika kita memahami faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran. Dengan pemahaman ini, Anda dapat mengurangi tingkat terjadinya pengangguran ke level yang lebih sedikit sehingga tidak berdampak signifikan terhadap aktivitas ekonomi nasional.

  1. Penawaran kerja lebih sedikit dibandingkan penawaran kerja

  2. Perubahan teknologi menggeser usaha manusia

  3. Proses rekruitmen yang panjang

  4. Penurunan pemasukan sebuah usaha

  5. Kurangnya kompetensi individu

Dampak Pengangguran bagi Masyarakat dan Perekonomian

Jika Anda menilik lebih jauh, pengangguran memiliki dampak yang sangat banyak, tidak sekedar kehidupan ekonomi nasional, namun secara individual, pengangguran berdampak secara psikologis terhadap orang yang menganggur. Banyaknya pengangguran menjadi bukti secara kasat mata terhambatnya pembangunan nasional dan tingkat kesejahteraan masyarakat.

  • Menurunkan Aktivitas Ekonomi

Dampak pertama yang ditimbulkan adalah penurunan aktivitas ekonomi. Hal ini disebabkan menurunnya daya beli masyarakat akibat tidak memiliki sumber pendapatan. Penurunan daya beli ini menyebabkan turunnya permintaan sebuah barang dan jasa dalam industri. Alhasil, para produsen atau investor tidak berani melakukan ekspansi dan peningkatan produksi.

  • Menurunkan Kemampuan Individu

Dampak lain yang ditimbulkan adalah menurunnya kemampuan individu. Tingkat keterampilan dan kemampuan seorang pekerja diukur melalui banyak pengalaman yang dimiliki. Semakin lama rentang waktu menganggur, secara perlahan keterampilan dan kemampuan seseorang akan menurun dikarenakan jarang diasah melalui kegiatan/aktivitas ekonomi.

  • Terjadi Kemiskinan

Dampak selanjutnya yang ditimbulkan menurut akuntansilengkap.com adalah terjadinya kemiskinan yang diakibatkan masyarakat tidak memiliki pendapatan untuk melakukan pembelian barang atau jasa. Tidak adanya pendapatan menyebabkan masyarakat berada dalam kondisi kemiskinan akibat tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya baik barang ataupun jasa.

  • Kurang Gizi

Selanjutnya adalah kurang gizi yang diakibatkan ketidakmampuan masyarakat dalam membeli berbagai sumber pangan yang bergizi. Dengan menganggur, masyarakat menjadi lebih selektif sehingga daya beli menjadi menurun. Asupan gizi menjadi tidak seimbang akibat pemilihan sumber pangan secara selektif berdasarkan harga.

  • Menurunkan Penerimaan Negara

Seseorang yang telah lama menganggur secara tidak langsung, tidak dapat membayar pajak penghasilan akibat tidak adanya pendapatan yang diterima. Penurunan pajak dari pendapatan akan menghambat pembangunan nasional dikarenakan sumber utama pembangunan berasal dari pajak. 

  • Tingkat Kriminalitas Meningkat

Seseorang yang tidak memiliki penghasilan akan melakukan berbagai cara untuk bertahan hidup, salah satunya adalah melakukan tindak kriminalitas. Semakin banyak SDM yang menjadi pengangguran, tingkat kriminalitas juga akan meningkat karena orang-orang saling berupaya untuk bertahan hidup dengan berbagai cara.

  • Menambah Biaya Sosial

Meningkatkan tingkat pengangguran di masyarakat dapat berdampak terhadap meningkatkannya biaya sosial. Pengangguran mengakibatkan masyarakat membayar biaya tambahan seperti biaya pengobatan akibat tindak kriminalitas, biaya keamanan, biaya renovasi dan pemulihan berbagai tempat yang rusak akibat demonstrasi para penganggur.

  • Menurunkan Pendapatan Perkapita dan Pertumbuhan Ekonomi

Dampak terakhir yang diakibatkan oleh pengangguran adalah penurunan pendapatan perkapita. Seseorang yang menganggur secara jelas tidak dapat menghasilkan barang maupun jasa. Sehingga, aktivitas ekonomi tidak terjadi dan menyebabkan Produk Domestik Bruto (PDB) menurun. Hasilnya, pertumbuhan ekonomi menjadi lambat.

Pengangguran memang sebuah fase yang menakutkan bagi berbagai pihak terutama jika ditinjau dari dampak pengangguran yang terjadi. Kolaborasi dan integrasi antara pemerintah, masyarakat, swasta, para pemilik lapangan pekerjaan dapat menurunkan tingkat pengangguran yang terjadi. Sehingga, dampak buruk yang disebabkan pengangguran tidak terjadi.