Cara Cermat Memilih Lemari Asam

  • January 11, 2020
  • buatwebsite

Fume Hood atau biasa disebut dengan lemari asam merupakan salah satu alat laboratorium yang harus dimiliki. Lemari asam yakni sebuah alat lab yang berguna untuk mengendalikan paparan dari berbagai uap yang mudah terbakar.

Lemari asam merupakan sebuah set lemari yang sudah dilengkapi dengan metode ventilasi exhaust. Alat ini umumnya juga dilengkap dengan sejenis pintu yang bisa bergerak ke atas dimana pada bagian ini terbuat dari kaca dan aman untuk digunakan.

Lemari asam yang baik akan menolong para pekerja di lab agar terhindar dari paparan zat kimia yang berbahaya lemari asam sangat wajib dimiliki oleh lab, namun pada kenyataannya masih banyak lab yang belum memiliki dan memakai alat ini. Mereka masih menggunakan lab biasa untuk pekerjaannya.

Mengapa hal ini masih terjadi ?

Berikut ini hal-hal yang mungkin menjadi penyebab belum digunakannya lemari asam :

-Belum waspada betul dengan dampak dari bahan-bahan kimia
-Beberapa pekerja di lab sudah sangat tahu bahaya yang akan ditimbulkan dari bahan kimia. Termasuk bahan-bahan kimia yang fuming seperti asam klodira dan asam sulfat. Bahan kimia tersebut dimana dapat mengeluarkan bau maupun gas yang sangat membahayakan.
-Bahaya yang demikian tersebut tak cuma akan terkena terhadap para pekerja di lab, melainkan juga dapat membahayakan ke lingkungan dalam yang bisa berakibat terjadinya kebakaran.
-Mahalnya Harga Lemari Asam
-Harga sebuah lemari asam dari vendor luar memang tergolong harganya yang lumayan tinggi, tetapi kini lemari asam juga sudah bisa di produksi di Indonesia. Seperti Ditsa Lab memproduksi lemari asam lokal yang harganya terjangkau namun kualitas sangat tinggi. Bukan hanya harganya yang terjangkau, Ditsa Lab juga membuat lemari asam sesuai apa yang anda inginkan (custom).