Cek E-KTP Secara Online: Modus Penipuan dan Pencurian Data

  • November 01, 2019
  • edrex

Cek E-KTP Secara Online: Modus Penipuan dan Pencurian Data.
Pada permulaan tahun 2018 Pemerintah gencar menganjurkan kepada masyarakat untuk segera membuat E-KTP bagi yang sudah memiliki KTP dan segera mendaftarkan diri bagi yang belum memiliki.

Migrasi KTP ke E-KTP bertujuan agar data dan informasi penduduk dapat terintegrasi secara digital dan mudah diakses jika diperlukan oleh instansi-instansi Pemerintah seperti Rumah Sakit, pihak BUMN hingga pihak KPU dan lainnya.

Melalui E-KTP segala informasi penduduk bisa dilihat, termasuk berapa jumlah simcard yang digunakan. Pecatatan informasi ini bisa begitu detil karena database E-KTP memanfaatkan kemajuan teknologi. Digitalisasi ini juga menekan angka data ganda bahkan data palsu penduduk.
 

Apa itu E-KTP?

E-KTP atau disingkat menjadi Kartu Tanda Penduduk Elektronik adalah program yang diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang memiliki bentuk fisik berupa kartu berisi informasi identitas pemilik kartu.

Program E-KTP terintegrasi secara digital dengan pusat database Pemerintah, sehingga informasi atau data yang tercetak dikartu dapat diakses melalui media komputerisasi dan lebih terjamin keamanannya.