4 Kondisi yang Dilarang Untuk Membaca Al Quran

  • August 05, 2019
  • 260496

Al Quran adalah kitab suci yang diturunkan kepada Umat Islam di seluruh dunia melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat.

Isi kandungan yang ada di dalamnya adalah pedoman hidup bagi umat agar dapat menjali kehidupan dengan benar dan selamat dari siksa api neraka.

Maka dari itu, membaca Al Quran adalah hal yang wajib setiap harinya kita lakukan. Selain untuk mendapatkan petujuk, membaca Al Quran juga dapat memberikan pahala yang berlipat. Bahkan dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa ketika kita membaca Al Quran maka satu hurufnya akan mendapatkan 10 kebaikan.

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan ??? satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Kita bisa membaca Al Quran kapa saja, entah siang ataupun malam, baik dalam keadaan duduk maupun berdiri. Namun demikian, ada beberapa kondisi yang dimana kita dilarang untuk membaca Al Quran. Apa saja hal tersebut? Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Pada Gerakan Shalat Selain Berdiri

Ketika sholat, kita pasti membaca Al Quran pada saat berdiri, bahkan ada surat di dalam Al Quran yang selalu di baca, yaitu surat Al Fatihah. Namun ada kalanya kita dilarang untuk membaca Al Quran ketika sholat pada gerakan tertentu, seperti saat sujud, rukuk, tasyahud dan lain sebagainya.

Hal tersebut dijelaskan dalam hadits berikut:

Sayidina Ali berkata; “Nabi Saw. melarangku membaca Alquran pada saat rukuk dan sujud.” (HR. Muslim).

Saat Mendengar Imam Membaca Al Quran Saat Shalat Berjama'ah

Ketika kita menunaikan sholat berjama'ah khususnya subuh, magrib dan juga isya, maka kita hanya dianjurkan untuk membaca surat Al Fatihah saja. Sisanya kita hanya mendengarkan bacaan Al Quran yang dilantunkan oleh Imam.

Saat Berada di Toilet atau Dalam Keadaan Mengantuk

Saat berada di dalam toilte, kita sangat dilarang untuk membaca Al Quran menggunakan lisan dan suara yang lantang. Hal ini sangat jelas karena Al Quran tidak boleh di bacaan di tempat yang kotor. Namun ada beberapa ulama yang mengatakan boleh membaca Al Quran dalam toilet namun dibacakan dalam hati.

Begitu juga saat dalam keadaan mengantuk. Hal ini karena di khawatirkan saat mengantuk kita bisa salah melafazkan hufur yang ada di dalamnya.

Saat Mendengar Khutbah Jumat

Ketika sholat jumat, kita diwajibkan untuk mendengarkan khutbah yang disampaikan oleh imam dengan khusuk dan seksama. Karena itu, kita dilarang melakukan aktifitas lain seperti membaca Al Quran ataupun mengobrol. Kecuali jika khutbah tersebut tidak terdengar karena lokasi yang jauh atau halangan lainnya, maka hal ini diperbolehkan membaca Al Quran sebagai penggantinya.

Selain membaca, kita juga sebisa mungkin untuk menghafalkan dan mengalamkan isi yang ada di dalamnya. Salah satu metode yang paling mudah ketika akan menghafal adalah dengan mendengarkan murottal. Jika tidak punya, Anda bisa download Al Quran Mp3 yang ada di google.

Semoga bisa memberikan manfaat. Dan mohon maaf apabila ada pembahasan yang keliru, salah dan kurang. Terima kasih.