Iklan Terkini

Mencapai Sukses Internet Marketing Berkat Artikel ...

Petani Mengadakan Syukuran

Presiden Minta Petani

Aplikasi Informasi Asuransi Pertanian Diluncurkan

  • February 05, 2019
  • firman

Penerapan serta pendaftaran program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) 2019 lewat Skema Info Asuransi Pertanian (SIAP) telah disosialisasikan, di luncurkan, serta dibuka pada Sabtu (2/2/2019).

Kepala Seksi Tempat serta Irigasi Dinas Tanaman Pangan serta Hortikultura (TPH) Lampung Barat Ferdi Nitiarga yang mengikuti Plt Kadis TPH Yedi Ruhyadi, menuturkan jika mulai tahun ini program AUTP dikerjakan lewat skema aplikasi SIAP atau online dari mulai pendaftaran, mengajukan polis sampai proses klaimnya.

"Sekarang ini ada 200 Ha tempat tanaman padi dari empat grup tani yang siap didaftarkan untuk ikuti program AUTP pada tahun ini. Berkas pendaftaran dari petani sudah didata untuk didaftarkan masuk program AUTP itu," tutur Ferdi.

Seluas 200 Ha tempat pertanian padi yang sudah siap didaftarkan baju koko modern itu datang dari Suoh serta Bandarnegeri Suoh. Menurut dia, tahun kemarin data tempat tanaman padi punya petani yang turut program AUTP alami rusaknya karena hama tikus sampai 15 ha. Klaimnya telah diserahkan pada pihak asuransi, tetapi sampai sekarang ini klaim dana masih juga dalam proses.

Semenjak digulirkannya program AUTP itu, sambungnya, telah ada petani di Lambar yang terima dana klaim, yakni pada 2017 serta 2018. Akan tetapi Ferdi tidak memerinci jumlahnya klaimnya. Saat ini pihaknya membidik sekurang-kurangnya 1.000 Ha tempat tanaman padi di Lambar masuk program AUTP.

Selain itu Direktur Jenderal Prasarana serta Fasilitas Pertanian Kementerian Pertanian (Dirjen PTP Kementan) Dadih Permana menjelaskan, pemakaian aplikasi IT untuk pendaftaran peserta asuransi sangat terpenting. Perihal ini terpenting sangat laku untuk tingkatkan ketertiban administrasi dan transparansi dalam kepesertaan petani.

"Dengan aplikasi SIAP, proses pendaftaran makin mudah dan cepat. Administrasinya pun semakin lebih teratur serta peserta asuransi dapat memonitor langsung," tutur Dadih Permana.

Hadirnya skema aplikasi pendaftaran peserta asuransi memakai IT ini diinginkan diaplikasikan dengan baik oleh semua pemangku kebutuhan, seperti beberapa petugas dinas dan penyuluh.

Lewat aplikasi SIAP ini juga, lanjut Dadih, Jasindo akan mendapatkan data luas tempat petani yang tepat, karena petani mendaftar tempat pertanian dalam program Asuransi Usaha Tani serta Peternakan (AUTP) sama dengan perhitungan riil.

Mengenai dari sisi rencana, menurut Dadih, aplikasi skema pertanian jenis ini akan menaruh beberapa data, contohnya tentang cenderung iklim di satu lokasi. Diluar itu, exposure jenis apakah yang muncul saat berlangsung pergantian iklim spesifik.

”Kita bisa menyiapkan sdm untuk menghadapi daerah manakah saja yang membutuhkan service klaim tambah tinggi dibanding daerah lainnya,” ujarnya.