Tips Memilih Pompa Air Untuk Pertanian

  • February 04, 2019
  • amrita

Tips Memilih Pompa Air Untuk Pertanian

 

Pompa Air menjadi kebutuhan utama lebih dari satu petani pada musim kemarau atau musim kering. Banyak langkah ditunaikan untuk mendapatkan air sehingga lahan mereka dapat tergenang air dan tanaman tidak mati dan selamanya tumbuh subur. Penggunaan pompa yang kurang tepat justru akan menyebabkan kerugian yang besar, karena biaya pembelian mesin, operasional dan perawatannya tidak sesuai bersama hasil panen yang diperoleh. Pemilihan tipe pompa air sangat penting anda jalankan sehingga kamu meraih efisiensi dan keuntungan yang lebih. Berikut Water Treatment Indonesia memberikan penjelasan dari masing-masing jenis pompa air yang sanggup anda memakai cocok dengan keperluan dan keadaan lahan pertanian anda:

 

1.      Pompa Air Sentrifugal

Pompa air jenis ini terlampau sesuai untuk memompa air dalam kapasitas debit air yang besar, seperti memompa air dari sumur ataupun dari sungai untuk pengairan lahan yang luas. Jenis pompa ini terhitung kerap digunakan untuk pengeringan dan menyedot air di dalam pas yang cepat, seperti selagi terjadi banjir yang dibutuhkan pompa bersama dengan kapasitas besar untuk memompa dan mengikis air. Dalam bidang pertanian kerap digunakan secara kolektif atau secara grup tani, agar penggunaanya untuk mengairi lahan sawah yang luas secara bersamaan. Hal ini dilakukan untuk kurangi biaya operasional yang besar.

 

 

2.      Pompa Air Alkon

Pompa Air tipe ini paling banyak digunakan, baik oleh para petani, kontruksi, maupun industry. Selain harga yang lebih murah, tenaga yang dihasilkan termasuk besar dan yang lebih mutlak adalah gampang untuk dibawa dan berpindah-pindah lahan. Jenis pompa ini digunakan oleh para petani untuk menyiram tanaman didalam satu lahan, saat satu lahan udah tersirami petani dapat berpindah ke lahan yang lainnya, sehingga memudahkan para petani untuk mempunyai dan mengoperasikannya. Biaya untuk operasional termasuk cukup murah, untuk pengoperasian normal cuma dibutuhkan ± 1 liter bensin didalam 1 jam kerja, tergantung dari sumber air dan jarak penyiramannya. Semakin dekat sumber air dan jarak penyiraman maka makin lama sedikit tenaga yang dikeluarkan oleh mesin supaya mengkonsumsi bahan bakarnya pun makin sedikit. Pompa Air model ini paling banyak digunakan, baik oleh para petani, kontruksi, maupun industry. Selain harga yang lebih murah, tenaga yang dihasilkan juga besar dan yang lebih mutlak adalah gampang untuk dibawa dan berpindah-pindah lahan. Jenis pompa ini digunakan oleh para petani untuk menyiram tanaman di dalam satu lahan, sementara satu lahan sudah tersirami petani dapat berganti ke lahan yang lainnya, sehingga memudahkan para petani untuk membawa dan mengoperasikannya. Biaya untuk operasional termasuk lumayan murah, untuk pengoperasian normal cuma diperlukan ± 1 liter bensin didalam 1 jam kerja, bergantung dari sumber air dan jarak penyiramannya. Semakin dekat sumber air dan jarak penyiraman maka makin lama sedikit tenaga yang dikeluarkan oleh mesin agar konsumsi bahan bakarnya pun tambah sedikit.

 

3.      Pompa Air Power Sprayer

Pompa air tipe ini sering digunakan pada area pencucian mobil atau motor, sebab jenis pompa ini mempunyai tekanan output yang besar sehingga bisa membersihkan kotoran-kotoran yang melekat dan membandel terhadap kendaraan. Selain penggunaanya ringan harganya pun relatife murah. Untuk wilayah tertentu, layaknya area pegunungan atau dataran tinggi pompa air model ini banyak digunakan sebagai mesin pompa air untuk menyiram tanaman perkebunan dan sayuran. Dengan sedikit modifikasi maka mesin ini bisa mendorong air sampai ratusan meter bersama dengan tingkat ketinggian atau kemiringan diatas 30°. Cara seperti ini banyak ditunaikan petani pada area Dieng, Wonosobo, Ngablak, Pakis. Untuk beroleh aliran air yang deras terhadap jarak jauh bersama dengan tingkat kemiringan diatas 30° sebaiknya mengfungsikan jenis SCN45 bersama mesin penggerak diesel 6,5 – 8,5 Hp.

 

Demikian tips memilih pompa air yang cocok bersama keperluan anda, semoga bisa berguna dan menambah wawasan anda. untuk menjaga mesin air jika di persawahan sebaiknya menambahkan atap upvc di atas mesin air, karna atap ini bisa menjaga mesin dari cuaca panas dan anti korosi pada saat hujan.

 

Source: https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004942570/tips-memilih-memasang-dan-merawat-pompa-air-rumah-tangga/