Tips Agar Mobil Matic Irit BBM

  • December 03, 2018
  • Rindiani

Melansir laman CNN, upaya untuk melakukan penghematan pada mobil matic sangatlah mudah, ada tips khusus untuk menangani borosnya mobil matic anda. Tips paling efektif untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar ialah dengan cara mempertahankan laju kendaraan anda pada batas kecepatan yang ditentukan yaitu 80 km per jam. Selain itu anda juga harus menjaga putaran mesin atau RPM 1,500.

Apabila anda mengunakan  transmisi lebih cerdas, yang dikamsud cerdas merupakan sistem yang perpindahan gigi pada mobil anda dilakukan secara otomatis berdasarkan kecepatan kendaraan. Oleh sebab itu penting untuk menjaga putaran mesin atau RPM agar tetap pada posisi gigi transmisi tidak naik atau turun. 

Hingga kini banyak mobil menyimpan indikator ECO di spido meter yang telah mendukung gaya berkendara irit bahan bakar. Pada umumnya lampu ECO  pada spido meter akan menyala apabila pengemudi melakukan pola berkendara irit BBM, yakni dengan akselerasi yang konstan. 
kemudian banyak muncul pertanyaan, bagaimana agar dapat  mengendarai mobil pada saat lalu lintas sedang padat merayap ataupun ketika terjebak macet? Cara paling efektif ialah dengan menetralkan transmisi otomatis saat mobil sedang dalam posisi berhenti serta tidak membiarkan begitu saja posisi transmisi di D.

Seperti yang pernah dicontohkan, berdasarkan rata-rata konsumsi BBM pada layar MID (multi information display), ada seorang pengguna mobil matic yang mampu meraih efisien BBM tertinggi, yaitu 22,7 km per liter dari arah Sunter sampai jalan tol lingkar dalam Jakarta serta langsung ke Jagorawi.

Demikian tips menghemat BBM pada mobil matic, semoga bermanfaat bagi anda pemilik mobil matic. Yang terpenting adalah gunakanlah kendaraan pibadi secara bijak. Hal tersebut demi menghindari kemacetan. Atau bisa sesekali mencoba nikmatnya menggunakan transportasi umum jika anda mudah menjangkaunya atau tempat ada tingal dilalui amgkutan umum.