7 Penyebab kista Yang Wajib Diketahui

  • September 08, 2018
  • infokesehatan

7 penyebab kista yang perlu diketahui Bentuk penyakit kista ternyata diperkirakan hampir serupa dan sebesar biji kenari dan kacang  almond, dengan kantung yang diselimuti selaput yang berisikan cairan, nanah, gas ataupun udara.

Kista termasuk ke golongan penyakit yang bersifat jinak yang dapat ditemui pada organ tubuh manapun, seperti: tulang, hati, ginjal, kulit, otot, pergelangan tangan, payudara maupun otak serta organ tubuh lainnya.  

Namun, biasanya kista yang terjadi yaitu kista ovarium yang sering ditemui pada kaum wanita tepatnya pada organ reproduksi wanita (ovarium).  Jenis kista ovarium hampir 95% dapat hilang dengan sendirinya tanpa tindakan operasi atau pembedahan.

Kista ovarium digolongkan menjadi dua tipe yaitu kista fungsional dan patologis. Kista fungsional merupakan kista jinak dan dapat hilan secara  tiba-tiba, sedangkan kista patologis merupakan kista dengan perkembangan jaringan ovariumnya abnormal. 

Perkembangan mulanya tidak timbul gejala karena ukuran kista masih kecil, tetapi bila kista telah besar akan timbul gejala, seperti: nyeri pinggul, kesulitan pencernaan, frekuensi urine meningkat, siklus haid berubah-ubah (lebih banyak), nyeri perut serta kembung.

Belum dapat diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab timbulnya kista, namun kista dapat berkembang akibat pola makan yang tidak sehat.

 

Berikut ini beberapa makanan yang dapat memicu berkembangnya kista, untuk itu bagi Anda yang belum terdiagnosis kista untuk menjadikan makanan tersebut sebagai daftar makanan yang harus Anda pantangi. Berikut ulasannya.

1.      Junk food atau Junk drink

Kedua olahan dinyatakan sebagai makanan dan minuman cepat saji yang kandungan didalamanya tidak baik seperti kadar lemak dan gula tinggi.

2.      Konsumsi seafood

Seafood mengandung makanan dengan tinggi kolesterol beresiko tingkatkan perkembangan sel abnormal.

3.      Makanan yang diawetkan

Makanan yang mengandung bahan pengawet tinggi, dapat Anda waspadai karena ditakutkan terdapat bahan kimia yang terkandung dalam kaleng atau plastik yang didaur ulang.

4.      Olahan makanan yang dibakar

Bisa Anda perhatikan dari makanan ynag dibakar dengan bagian yang sangat gosong. Bisa saja bagian tersebut hampir jarang dicuci atau penggunaannya yang kotor.

5.      Daging merah

Daging merah bisa dilihat dari sapi, kambing, babi dengan memiliki kadar lemak jenuh tinggi yang memicu obesitas terhadap penyebab kista.

6.      Olahan makanan menggunakan santan dan cabai

7.      Kurangi konsumsi buah, seperti: duku, nanas dan durian. Karena jenis buah ini mempunyai kadar asam dan senyawa enzim bromelain yang bisa melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi, terlebih jika kista ovarium dialami oleh ibu hamil.

Nah itulah 7 penyebab kista yang dapat kami infokan. Untuk mengetahui lebih jauh silahkan di baca di herbalsejagat.com/penyebab-penyakit-kista-ovarium/