Penyebab Miom Paling Umum Pada Wanita

  • September 07, 2018
  • infokesehatan

PENYEBAB PENYAKIT MIOM - Miom merupakan tumor jinak yang berkembang di bagian rahim. Mulanya perkembangan miom dimulai dengan adanya perkembangan sel atau jaringan ikat yang  tidak terkendali. Miom memang benar bersifat jinak dan tidak ganas, namun perkembangan miom bila tidak terdeteksi dari awal akan dapat mempengaruhi organ reproduksi wanita sehingga akan berpengaruh terhadap gangguan kesuburan.

Beberapa kasus sebelumnya juga mengungkapkan bahwa penyakit miom sering dikaitkan dengan penyakit reproduksi yang akan menyebabkan seorang wanita akan kesulitan untuk mengandung atau hamil. Hal ini ditimbulkan karena adanya perkembangan miom sehingga hal tersebut akan menjadi sebab melemahnya kandungan organ reproduksi wanita.

Umumnya yang menjadi ciri atau gejala yang ditimbulkan  dari miom yaitu, seperti: ketidakteraturan haid atau sebaliknya haid yang berlebih, kesehatan tubuh penderita yang menurun drastis, darah haid yang ditunjukkan berwarna hitam pekat serta rasa nyeri secara berlebihan ketika menstruasi datang.

Yang perlu Anda ketahui juga bahwa gejala miomdapat dilihat dari letak lokasi, ukuran dan keadaan sirkulasi darah di area tumor berkembang. Belum diketahui secara benar, apa yang yang menjadi penyebab miom tumbuh.

Namun yang pasti, miom dipengaruhi dengan adanya ketidakseimbangan hormon, sistem ketahanan tubuh dan dalam sel yang terganggu serta faktor genetik dari keluarga yang menjadi faktor penyebab berkembangnya miom.

Beberapa hal di bawah ini, kemungkinan besar  dapat memicu berkembangnya penyakit miom. Anda bisa simak dan perhatikan baik-baik uraiannya sebagai berikut:

1.       Ketidakseimbangan horrmon

Pentingnya hormon di dalam tubuh menjadi peran yang cukup penting untuk tubuh wanita. Karena hormon berkaitan dengan tingkat kesuburan dan metabolisme di dalam tubuh. Seperti hormon yang berperan dalam organ reproduksi, yaitu: hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini akan membantu menebalkan lapisan rahim yang dapat memicu kehamilan. Tetapi bila hormon tersebut bermasalahdan tidak seimbang akan dapat memicu miom, kista ataupun sulit hamil.

2.       Faktor genetik atau faktor keturunan daru keluarga

Seperti, salah satu keluarganya yakni bisa dari ibu kandung atau saudara kandung perempuannya yang pernah menderita miom  akan berpotensi lebih besar untuk memicu penyakit yang sama.

3.       Wanita dengan usia 30 tahun keatas

Ketika wanita dengan memasuki usia ini dan belum memililiketurunan, memiliki potensi lebih besar untuk teresikomiom.

4.       Wanita yang berobesitas

Obesitas memicu perkembangan hormon estrogen yang tinggi yang juga menjadi penyebab terjadinya miom.

5.       Menstruasi di usia dini yaitu antara 12-13 tahun

6.       Mengonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi

7.       Mengonsumsi kadar garam tinggi

8.       Megonsumsibanyak daging merah

9.       Mengonsumsi alkohol

10.   Wanita yang kekurangan vitamin D

Sumber : www.herbalsejagat.com/penyebab-penyakit-miom/