Pasien Batu Ginjal Harus Menghindari Makanan Ini

  • September 07, 2018
  • infokesehatan

PANTANGAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG HARUS DI HINDAI BAGI PENDERITA BATU GINJAL- Ginjal merupakan suatu organ yang berbentuk menyerupai seperti pasang kacang, yang membantu untuk menyaring racun racun yang berada pada tubuh. Batu Ginjal adalahsebuah tumpukan batu yang berada pada ginjal yanng di karenakan pengerasan atau pengkristalan dari sisah siah hasil ekresi dalam tubuh atau zat yang mengendap.

Pada pemngerasan batu pada bagian empedu ini dikarenakan mengkonsumsi jumlah kalsium yang sangat berlebihan pada tubuh, sehingga dapat memberikan penumpukan batu pada bagian ginjal. pada penderita batu ginjal ini memiliki pantangan pada makanan dan juga minuman. Karena sebagian makan dan juga minuman ini dapat mengundan penyakit pada batu ginjal.

Pada artikel kali ini akan memberikan penjelasan apa saja makanan dan minuman yang harus di hindari bagi pengidap batu ginjal,yaitu sepeti :

Makanan :

1.       Daging merah, pada kandungan daging merah ini memiliki protein yang sangat tinggi yang merupakan salah satu makanan yang merupakan pantangan untuk penderita batu ginjal. pada kandungan daging merah memiliki kandungan oksalat yang dapat memicu untuk terjadinya batu ginjal.

2.       ikan, kandungan ikan memang di butuhkan untuk tubuh, tapi kandungan yang di miliki jumlah kalsium yang tinggi sehingga dpat memberikan penyakit asam urat yang berujung dengan penyakit batu ginjal.

3.       mengkonsumsi sayuran gelap.

Mengkonsumsi sayuran gelap bagi seorang penderita batu ginjal ini tidak di anjurkan karena pada sayuran gelap ini memberikan penumpukan kalsium pada bagian ginjal, sayuran yang memiliki warna hijau gelap ini seperti kangkung, bayam, kacang panjan, dan sejenis sayur lainnya

Minuman :

1.       pemanis buatan.

Pada pemanis buatan ini tidak di anjurkan karena memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga dapat memberikan kandungan oksalat yang tinggi dan memicu terjadinya diabetes pada seseorang.

2.       minuman olahan kacang kedelai.

Pada kandungan kacang kacangan ini dapat memberikan kandungan oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh.

3.       Kurangi asupan kalsium.

Pada kandungan yang memiliki jumlah kalsium sebaiknya di hindari, karena dapat memicu perbanyakan dari penumpukan batu batu yang berada pada empedu. Jumlah kalsium tidak boleh lebih dari 800 mg di setiap harinya.

Sumber : herbalsejagat.com/pantangan-makanan-dan-minuman-bagi-penderita-batu-ginjal/