Cara Merawat Tanaman Hidroponik Yang Baik Dan Benar

  • August 08, 2018
  • 260496

hidroponik merupakan salah satu sistem penanama yang dapat dilakukan di rumah tanpa harus menggunakan tanah. Sistem penanaman ini memang merupakan sistem penanaman yang baru di indonesia dan mungkin belum semua bisa melakukan sistem penanaman tanaman yang satu ini. Sistem penanaman hidroponik ini memang tidak lagi memebutuhkan tanah untuk menanam tanaman karena sistem ini lebih mengandalkan kekuatan air untuk menumbuhkan tanaman. Adapun sistem ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah apabila telah dipelajari dengan benar. Bagi anda yang masih pemula tentu saja tetap memiliki kesempatan yang sama untuk belajar sistem hidroponik ini.

Ada banyak tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik ini. Mulai dari tanaman kecil hingga yang besar sekalipun. Namun, di indonesia sistem penanaman hidroponik ini lebih banyak dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman sayuran hijau. Hal ini banyak dilakukan karena menanam sayuran dengan sistem hidroponik bisa lebih menyenangkan karena tidak perlu lagi becek-becekan dengan tanah. Selain itu, sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik tersebut bisa tumbuh dengan baik tana diganggu cacing. Hal ini tentu sangat disukai bagi mereka yang merasa takut dengan hewan cacing tersebut. Walaupun tanaman yang ditanam dengan sistem hidroponik tersebut dapat tumbuh dengan baik, akan tetapi tetap perlu dilakukan perawatan yang maksimal pula untuk bisa mendapatkan tanaman yang sehat tersebut. tata cara wudhu

Merawat tanaman hidroponik harus dilakukan dengan baik dan benar agar bisa mendapatkan tanaman yang sehat dan dapat tumbuh dengan baik. Adapun cara perawatan tanaman ini sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan. Cara perawatan tanaman hidroponik tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

Pemberian nutrisi yang cukup
Nutrisi hidroponik menjadi salah satu kunci bagi penanam untuk bisa mendapatkan tanaman yang baik dari sistem hidroponik yang mereka kerjakan. Pemberian nutrisi yang cukup ini memang perlu diperhatikan mengingat tanaman sangat bergantung pada nutrisi tersebut untuk dapat mempertahankan pertumbuhannya agar tetap stabil. Agar tanaman yang anda tanam mendapatkan nutrisi yang cukup tersebut maka anda bisa melakukannya dengan cara menambah larutan nutrisi pada bak nutrisi apabila stok nutrisi yang ada pada bak tersebut telah melewati batas minimal atau sudah berkurang setidaknya sepertiga dari volume sebelumnya. Dengan begitu, maka ketersediaan nutrisi pada tanaman akan terjamin hingga saatnya tanaman panen nanti. nama anak perempuan modern

Dikenakan sinar matahari yang cukup
Langkah yang kedua adalah dengan mengenakan sinar matahari ke sinar matahari yang cukup. Kita tahu bahwa tanaman membutuhkan sinar matahari untuk melakukan proses fotosintesis. Oleh karena itu penting juga bagi penanam untuk memperhatikan kebutuhan tanaman yang satu ini. Adapun cara yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan tanaman ke tempat yang lebih mudah terkena sinar matahari agar tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup. Tanaman yang baik biasanya membutuhkan sinar matahari minimal 5 jam per hari.

Pengecekan nutrisi yang cukup
Dan langkah yang ketiga yang perlu dilakukan untuk merawat tanaman hidroponik adalah dengan mengecek nutrisi agar cukup untuk tanaman hidroponik kita. Nah, pada tahap ini sebenarnya berbeda dengan tahap pemberian nutrisi diatas. Yang dimaksud dengan pengecekan nutrisi ini adalah dengan mengecek kadar nutrisi yang dibutuhkan tanaman hidroponik yang kita tanam. Kita tahu setiap tanaman yang kita tanam memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda sesuai dengan jenis tanamannya. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengecek nutrisi menggunakan tds meter agar lebih akurat.