Cara Menanam Okra Dengan Sistem Guyurponik

  • August 08, 2018
  • 260496

kalau anda orang yang suka dengan tanaman hidroponik maka anda pasti suka dengan cara bertanam yang praktis dan tidak terlalu merepotkan penanam itu sendiri. Hidroponik ini pun menjadi salah satu jenis atau cara penanaman yang tidak merepotkan penanamnya seperti yang diharapkan oleh banyak orang. Bertanam hidroponik bahkan menjadi sangat menyenagkan apabila seseorang telah berhasil panen dan mau mencoba penanaman yang baru yang lebih menantang. Tetapi kini ada sistem baru yang bernama guyurponik. Jika dilihat dari sisi akronim, sistem guyurponik ini hampir mirip dengan nama sistem penanaman yang lain seperti hidroponik maupun aquaponik. Lalu, seperti apa sistem guyurponik ini? Dan bagaimana cara menanam okra dengan sistem guyurponik tersebut?

Nama guyurponik mungkin memang masih terdengar asing di telinga sebagian pecinta berkebun. Namun, sistem penanaman yang satu ini akan sangat mudah dipelajari bagi anda yang terlebih dahulu sudah mengenal sistem penanaman hidroponik. Karena, sistem tanam guyurponik ini hanya pengembangan dari ilmu hidroponik saja. Yaitu, sistem guyurponik dapat dikatakan sebagai sistem penanaman hidroponik yang dilakukan dengan mengguyur tanaman. Nah, ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam dengan sistem guyurponik ini. Bagi anda yang mau bertanam okra dengan sistem guyur ponik, anda bisa mengikuti langkah penanaman sebagai berikut.dengan bertanam okra ini, anda tidak hanya bisa belajar sistem hidroponik, akan tetapi berbagai manfaat okra juga bisa anda dapatkan apabila telah tiba musim panen. Berikut adalah langkah-langkah penanamannya. cara memandikan jenazah

Penyemaian benih
Langkah penyemaian benih okra yang ditanam dengan sistem hidroponik ini dapat dilakukan menggunakan media semai rockwool yang biasa digunakan pada sistem penanaman hidroponik. Pertama rockwool dibasahi dengan air hingga lembab, kemudian buat lubang tanam pada rockwool tersebut dan letakkan benih okra pada lubang tanam yang telah siap. Tutup semaian agar benih dapat segera pecah benih, tetapi langsung kenakan benih ke sinar matahari apabila telah pecah benih.

Pindah tanam
Untuk penanaman okra kali ini, kita bisa menggunakan polibag. Sedangkan untuk media tanamnya kita bisa menggunakan sekam bakar yang mudah menyerap air. Letakkan eskam bakar kedalam polibag secukupnya lalu buat lubang tanam pada media tanam tersebut. Langsung pindahkan tanaman okra yang siap pindah tanam bersamaan dengan rockwoolnya. nama bayi perempuan sansekerta

Perawatan
Untuk tahap perawatan, kita hanya perlu mengguyur tanaman menggunakan larutan nutrisi hidroponik secara rutin setiap pagi dan sore. Inilah yang membuat sistem ini dinamakan guyurponik, yaitu karena pemberian nutrisi pada tanaman langsung diguyurkan pada tanaman tanpa harus melalui aliran air maupun pompa. Akan tetapi penting bagi penanam untuk disiplin dalam melakukan penggyuyuran pada tanaman tersebut agar tanaman okra yang ditanam dapat tumbuh dengan maksimal. Selain itu, perawatan tanaman juga harus dibarengi dengan penempatan lokasi penanaman yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan tanaman. Usahakan untuk meletakkan tanaman di tempat yang terkenam sinar matahari minimal 5 jam per hari.

Nah, itu tadi adalah langkah-langkah menanam okra dengan sistem guyurponik. Sistem guyurponik ini dapat anda praktekan secara langsung di rumah karena tidak membutuhkan tempat yang luas dan bisa dilakukan dengan alat yang sederhana. Sedangkan untuk tahap panen, tanaman okra dapat  anda panen saat buah okra yang tumbuh sudah matang. Setelah dipanen, buah okra tersebut bisa dimasak menjadi berbagai menu masakan kemudian tanam lagu tanaman okra yang baru.