Iklan Terkini

Penjualan Hasil Tani Menggunakanan Smartphone Idam ...

Jual Cabe Pelangi Murah 082133374742

Hutomo Mandala

Cara Tanam Padi yang Brilliant di Indonesia, yalla shoot Jepang dan China

  • March 13, 2018
  • Nisa

Sofjan (53) memanen padi apung di lahan persawahan yang terendam banjir di Desa Ciganjeng, Padaherang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Padi type IR 64 yang ditanam di media apung ini adalah percobaan ke-3 grup tani setempat di lahan seluas 1. 400 mtr. persegi.

Ciamis, Kompas – Ikatan Petani Pengendalian Hama Terpadu Indonesia dengan petani di Ciganjeng, Ciamis, Jawa Barat, melakukan eksperimen meningkatkan padi terapung. Itu penyesuaian pada banjir tiap-tiap th. yang sering menggagalkan panen.

Anggota grup tani Taruna Mekar Baru Desa Ciganjeng berhasil memanen padi di lahan banjir. Padi type IR 64 itu ditanam diatas air sedalam 1 mtr. pada ruang 1. 400 mtr. persegi. ”Ini percobaan ke-3 serta akhirnya cukup baik. Ubinannya 6, 2 ton gabah per hektar, ” kata Tahmo Cahyonom (38), ketua grup tani.

Hamparan padi menguning itu kontras di dalam genangan air di areal pertanian. ”Setiap musim hujan, sekitaran 400 hektar sawah disini kebanjiran. Bln. Desember dapat sampai 2 mtr. lebih kedalamannya, ” tuturnya.

Desa Ciganjeng yang dikelilingi tiga sungai, yakni Citandui, Ciseel, serta Cirapuan, berlangganan kebanjiran. Petani cuma dapat menanam padi pada musim kemarau. Usaha ini sering tidak berhasil. ”Sering sebelumnya panen telah banjir. Kami harus juga menyemai padi sampai beberapa puluh kali karna sering kebanjiran, ” kata Tahmo.

Lihat fenomena itu, mulai sejak tiga th. yang lalu, Ikatan Petani Pengendalian Hama Terpadu Indonesia (IPPHTI) meningkatkan padi terapung, yang dapat berkembang diatas lahan banjir. streaming bola Sekretaris Jenderal IPPHTI Kustiwa Adinata menyebutkan, pada percobaan pertama, media tanam yang digunakan jerami serta polybag. Uji coba ke-2 memakai media tanam sabut serta bawahnya di beri jaring.

”Sekarang, kami memakai bambu dibelah (palupuh) jadi landasaran sabut kelapa serta pupuk organik. Media tanam ini dapat naik turun ikuti ketinggian air, ” tuturnya.

Kustiwa mengharapkan, pemerintah daerah dapat melanjutkan uji coba IPPHTI dengan grup tani di Ciganjeng itu. ”Kalau semuanya lahan banjir di lokasi ini dimaksimalkan dengan padi apung, bisa tingkatkan produksi beras serta ekonomi orang-orang kecil, ” tuturnya. ”Selain padi, tehnik produksi dapat juga dipadukan dengan ternak ikan. ”

Sekarang ini, petani dituntut menyesuaikan dengan perubahan lingkungan serta iklim. ”Kondisi itu argumen kami mengikuti petani di Ciganjeng, ” tuturnya. Menurut Kustiwa, IPPHTI juga meningkatkan padi tahan air asin di Cilacap serta Cirebon.