Harga Turun Drastis, yalla shoot Petani Mantang Terancam Gulung Tikar

  • February 07, 2018
  • firman

 Beberapa petani di Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, mengeluhkan turunnya harga ubi (mantang) di lokasi setempat, hingga petani terasa begitu dirugikan.

Sebagian petani mantang di Pekon Talangrejo, Kecamatan Kotaagung Timur, yang tengah memanen serta jual ubi mantang, Selasa (6/2/2018), menyebutkan, hingga sekarang ini harga mantang masih tetap di harga Rp1. 800/Kg, jauh dibanding dari harga jual terlebih dulu yang menjangkau Rp2. 500/Kg. Keadaan ini di rasa begitu merugikan petani.

“Kalau harga mantang masih tetap murah, jangankan untung, kembali modal saja telah lumayan. Kondisi ini begitu memberatkan kami, terutama kami cuma memercayakan dari menanam mantang, ” kata Yono (49), salah seseorang petani ubi mantang di Pekon Talangrejo.

Menurut dia, bila harga ubi mantang selalu alami penurunan, di pastikan semuanya petani mantang juga akan gulung tikar. Karna, untuk modal pemrosesan lahan, perawatan, pemupukan hingga panen dapat menjangkau Rp4 hingga Rp6 juta per hektar, dengan harga Rp1. 800/Kg. “Idealnya harga mantang Rp2. 500/Kg. Bila cuma segitu cukup balik modal saja, ” kata dia.

Seirama dengan itu, Purnomo (37), petani mantang di Pekon Umbul Buah, Kecamatan Kotaagung Timur, mengakui, dengan anjloknya harga jual ubi mantang di tingkat petani itu beresiko pada kehidupan beberapa petani tersebut. Di mana, pendapatan dari menanam ubi mantang tidak dapat memenuhi kehidupan keseharian.

“Memang benar bibit tidak beli, namun mulai yalla shoot  membuat tanah hingga pupuk itu dapet ngutang. Keinginan panen kesempatan ini dapat bayar utang jadi lebih utang baru, ” keluhnya.

Karenanya, beberapa petani ubi mantang mengharapkan Pemkab Tanggamus mencari jalan keluar untuk kehidupan beberapa petani yang semakin susah ini. “Kehidupan kami ini seperti pepatah telah jatuh ketimpa tangga ditambah nyungsep sekali lagi ke parit. Sekedar untuk makan saja susahnya minta ampun, ” kata Mulyono (47), petani mantang di Pekon Tanjung Anom.