Cara Budidaya Cabe Merah

  • February 06, 2018
  • tante

Cabai merah besar (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan manusia. Sun et al. (2007) melaporkan cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Kandungan terbesar antioksidan ini adalah pada cabai hijau. Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker (Kilham 2006; Bano & Sivaramakrishnan 1980).

Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi,dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang salah satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus dikonsumsi secukupnya untukĀ  Live Streaming Bola menghindari nyeri lambung. Sumber :

1. Persiapan Budidaya Cabe Merah

Apabila yang ingin anda ketahui adalah mengenai cara budidaya cabe merah dalam polybag, yang pertama kali anda perlukan adalah mengenai apa saja yang perlu dipersiapkan. Alasannya adalah karena memang takkan berguna bila anda tahu teknik menanam cabe merah dalam polybag akan tetapi tidak tahu apa yang harus dipersiapkan. Ada beberapa barang yang perlu anda persiapkan tentunya sebelum anda mencari tahu cara menanam cabe merah.

Yang pertama perlu dipersiapkan adalah pot-pot atau polybag yang berukuran 4 inci. Perlu juga disiapkan pot-pot atau polybag ukuran 18 inci yang perlu untuk memindah tanaman tersebut bila sudah tumbuh lebih besar. Jumlah polybag dapat anda tentukan berdasarkan kebutuhan anda tentunya. Yang perlu dipersiapkan yang kedua adalah campuran media tanam guna membantu proses pertumbuhan cabe merah dalam polybag tersebut. Yang perlu dipersiapkan berikutnya adalah bibit atau benih cabe merah. Pastikan anda mempersiapkan bibit yang terbaik saja. Berikutnya, anda perlu mempersiapkan asupan pangan yang dapat larut air. Berikutnya, jangan lupa menyiapkan pupuk organik guna menyuburkan pembibitan tersebut nantinya.