3 Kecamatan di Lampura Jadi Sentra Tanaman Pala

  • January 12, 2018
  • rudianas

 Untuk mendorong budidaya tanaman pala di Kabupaten Lampung Utara, Dinas Pertanian (Distan) kabupaten setempat mengambil keputusan tiga lokasi kecamatan jadi lokasi sentra pengembangan tanaman pala.


Kepala Bagian Perkebunan, Dinas Pertanian Kabupaten Lampung Utara, Murdoko di ruangan kerjanya, Kamis (11/1/2018), menyebutkan
tiga kecamatan yang diputuskan jadi lokasi pengembangan tanaman pala, yaitu ; Kecamatan Abungtinggi, Tanjungraja serta Bukitkemuning karna keadaan iklim serta aglonemat, yaitu kontur tanah dinilai mensupport untuk tumbuhnya tanaman itu.


" Dari 23 kecamatan se-Lampura, cuma tiga kecamatan harga hp himax diputuskan jadi lokasi budidaya tanaman pala dengan pertimbangan dengan iklim serta konstur tanah mensupport untuk budidaya tanaman itu " katanya.

Untuk mendorong pengembangannya, pada th. biaya (TA) 2017 lantas, sudah dialokasikan 2. 500 bibit pala untuk Grup Tani (Poktan) di tiga kecamatan itu serta di TA 2018, pihaknya juga sudah memajukan menambahkan bibit pala ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan, Kementerian Pertanian (Kementan). Menyoal prospek ekonomi tanaman pala diakuinya sekarang ini harga biji pala di market menjangkau Rp45 ribu/kg-Rp60 ribu/kg, sedang fulinya seharga Rp90 ribu/kg s/d Rp110 ribu/kg serta daging buahnya kisaran Rp6 ribu/kg-Rp 7 ribu/kg.