Iklan Terkini

DPR Garap RUU untuk Cegah Alih Fungsi Lahan Pertan ...

Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian: stok beras nas ...

Lahan

Hama tikus rusak 15 hektare tanaman padi di Temanggung

  • January 12, 2018
  • rudianas

 Sekitaran 15 hektare tanaman padi di Kabupaten Rekanggung, Jawa Tengah terserang hama tikus, kata Kepala Bagian Tanaman Pangan Dinas pertanian serta Ketahanan Pangan Harnani Imtikhandari.

Harnani di Rekanggung, Kamis, menyebutkan serangan hama tikus itu berlangsung di lokasi Kecamatan Jumo.

Menurutnya serangan hama tikus pada tempat padi pada akhir th. ini relatif menyusut.

Ia menjelaskan serangan hama tikus di Rekanggung paling banyak pada bln. Mei, Juni, serta Juli dapat menjangkau 120 hektare.

" Petani di banyak daerah yang disebut berlangganan serangan hama tikus pada beberapa bln. itu tidak ingin tanam padi, " tuturnya.

Menurutnya serangan hama tikus dalam satu tahun lebih harga hp polytron paling akhir relatif turun, pada 2013 menjangkau 744 hektare, 2014 serangan tikus menempa 652 hektare, 2015 seluas 117 hektare, serta 2016 seluas 43, 8 hektare.

Ia menyebutkan serangan hama tikus tidak dapat diperkirakan. Terlebih kontur Rekanggung adalah daerah perbukitan, yang terdiri atas sawah serta tegalan.

Di daerah ini tidak sempat dikerjakan tanam serempak. Bila serangan tikus di sawah terselesaikan, umumnya ada tikus yang lari ke ladang atau tegalan hingga serangan tikus cuma beralih.

Ia menyebutkan satu diantara usaha yang dikerjakan dalam pemberantasan hama tikus, yaitu dengan lakukan sekolah lega pemberantasan tikus untuk petani. Pada th. 2017 pemberdayaan sekolah lega ini dikerjakan di dua kecamatan yaitu Rekanggung serta Candiroto.

" Dalam pengendalian hama tikus kami juga bekerja bersama dengan Perbakin Rekanggung, beberapa waktu terakhir kami mengadakan lomba berburu tikus. Dalam aktivitas ini beberapa ribu tikus berhasil diberantas, " tuturnya.