Iklan Terkini

Budidaya Melon Agar Tumbuh Subur

Cara dan doa agar tanaman

Petani Muslim Jika Ingin Panen Hasil

Naas Benar Nasib Para Petani Cengkeh di Manggarai Barat

  • December 07, 2017
  • rudianas

 Beberapa petani yang memiliki tanaman cengkeh di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), alami tidak berhasil panen komoditi itu pada musim panen 2017 ini.

Tidak berhasil panen cengkeh dikarenakan oleh curah hujan yang tinggi waktu tanaman itu berbunga.

" Musim panen th. 2017 ini, beberapa petani di Kecamatan Ndoso alami tidak berhasil panen cengkeh. Tidak berhasil panen karna waktu cengkeh berbunga, curah hujan tinggi hingga bunganya gugur, " kata Camat Ndoso, Fransiskus Tote yang didapati di Labuan Bajo, Selasa (5/12/2017).

Menurut dia, cengkeh adalah komoditi favorit di Ndoso dengan produksi per musim panennya menjangkau beberapa ratus ton.

Hal seirama di sampaikan oleh Camat Welak, Veliks Janggur yang didapati berbarengan di Labuan Bajo waktu itu.

" Kecamatan Welak juga mempunyai banyak tanaman cengkeh. Th. 2017 ini petani alami tidak berhasil panen karna tingginya curah hujan saat berbunga. Tidak cuma di lokasi kami namun nyaris semuanya lokasi kecamatan megalami hal yang sama, " kata Veliks.

Keduanya menjelaskan, jikalau ada pohon cengkeh unilever yang berbuah jadi produksinya begitu kecil.

Seperti yang dikabarkan terlebih dulu, cengkeh adalah satu diantara komoditi pertanian yang dihandalkan oleh warga Desa Momol, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Sekarang ini hasil per musimnya sejumlah 20 ton serta jadi sumber pendapatan yang menonjol dibanding komoditi yang lain.

" Keadaan tanah di Desa Momol memanglah tidak dapat untuk semuanya type tanaman pertanian serta perkebunan. Namun cengkeh begitu pas hingga dari sekian waktu kami selalu meningkatkan komoditi ini, " kata Kepala Desa Momol, Yuvensius Maldi. Dia didapati di Labuan Bajo, Kamis (30/11/2017).

Pemerintah Kabupaten Mabar kata dia, telah menyumbangkan beberapa anakan cengkeh serta anakan kayu lewat Dinas Lingkungan Hidup sekian waktu lalu.

Dia menginginkan supaya pemerintah kabupaten, selalu membuat komunikasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat supaya dengan pihak swasta, melindungi kestabilan harga cengkeh yang berpihak pada petani.