Iklan Terkini

Budidaya Melon Agar Tumbuh Subur

Cara dan doa agar tanaman

Petani Muslim Jika Ingin Panen Hasil

Kartu Tani, Harapan Baru Para Petani Sayur Kota Batu

  • December 07, 2017
  • rudianas

 Motivasi baru saat ini didapat beberapa ribu petani yang berada di Kota Batu. Hal semacam ini terkait dengan diserahkannya Kartu Tani oleh Dinas Pertanian Kota Batu pada beberapa 4700 petani di kota ini yang dikerjakan di Graha Pancasila Kota Batu, tempo hari (6/12). Diinginkan, ke depan beberapa petani tidak sekali lagi tidak untung karena tingginya cost produksi tempat pertanian.

“Hingga hari ini (tempo hari), kita telah berikan sejumlah 4700 Kartu Tani dari sekitaran 6000 Kartu Tani yang juga akan diberikan. Mengenai bekasnya juga akan kita berikan pada Januari th. depan, ”ujar Sekretaris Dinas Pertanian Kota Batu, Hendry Suseno, Rabu (6/12).
Dengan Kartu Tani ini, kata Hendry, beberapa petani dapat memperoleh pupuk bersubsidi serta pertolongan cost produksi. Mengenai cost produksi ini sesuai sama yang sudah diserahkan pada Gagasan Definitif Keperluan Grup (RDKK). Hal semacam ini memberikan indikasi juga kalau penerima pertolongan pertanian ini yaitu beberapa petani yang telah tergabung dalam Grup Tani.

“Jadi diinginkan semuanya petanimasuk dalam Grup Tani. Bila tidak, mereka maybelline juga akan kesusahan untuk memperoleh pertolongan pupuk, maupun pertolongan Credit Usaha Tani (KUT), ”tambah Kasie Pupuk, Pestisida, Alat serta Mesin Pertanian Distan Kota Batu, Imron Arifianto.

Pembagian Kartu Tani ini sudah pasti memberi keinginan baru untuk beberapa Petani Kota Batu. Karna sampai kini mereka banyak tidak untung karena cost produksi pertanian mereka yang tambah lebih tinggi dibanding hasil panen yang didapat.

Seperti didaparkan satu diantara petani sayur di Desa Sumber Rejo, Bambang Sugianto. Untuk membiayai tempat sayurnya yang cuma 1000 M2, dalam 1 musim tanam ia mesti keluarkan uang sekitaran Rp 4 juta. Cost itu untuk pembelian pupuk Rp 1, 5 juta, obat pertanian Rp 1, 5 juta, serta membayar gaji buruh tani Rp 2 juta.

Dalam 1 musim tanam, Bambang dapat lakukan panen sampai 10 kali. Tetapi dari keseluruhan pemasukan yang didapat, nyatanya tidak hingga lebih dari Rp 1 juta. “Ya pendapatannya jauh sekali dari cost produksi yang perlu di keluarkan, ”keluhnya. Karenanya ia mengharapkan pemberian subsidi pertanian ini dapat selekasnya diimplementasikan.