Iklan Terkini

Budidaya Melon Agar Tumbuh Subur

Cara dan doa agar tanaman

Petani Muslim Jika Ingin Panen Hasil

Pertanian dan Pelaku UMKM pun Terdampak Erupsi Gunung Agung

  • December 07, 2017
  • asepx

 MENURUNNYA jumlah kunjungan pariwisata ke Bali, bukan sekedar berimbas pada bidang usaha berkaitan seperti penerbangan, perhotelan sampai restoran, tetapi juga berikan efek pada bidang pendukung yang lain seperti pertanian sampai UMKM. Market share dari product pertanian serta UMKM itu juga mengarah bidang pariwisata baik itu pendukungnya seperti hotel serta restoran, sampai wisatawan tersebut untuk kepentingan cenderamata.
Dari mulai bidang UMKM, satu diantara bidang UMKM yang terdampak yaitu pemasaran product kulit seperti sepatu, tas, sandal dsb yang memercayakan bidang pariwisata. Salah seseorang perajin product kulit, di Jalan Marlboro Denpasar, Ibu Amer, baru saja ini mengemukakan, pemasaran produknya yang umumnya mengarah pedagang di lokasi Kuta, semakin tersedat. Hal seirama juga disibakkan pedagang product kulit yang lain, Hj. Sudiro. “Lesunya pemasaran product kulit telah mulai berlangsung dari
harga hp xiaomi dua th. paling akhir. Ada erupsi Gunung Agung yang buat kunjungan wisatawa alami penurunan, lebih jadi parah kondisi yang buat pemasaran product kami begitu sepi untuk sekarang ini, ” ungkap Hj. Sudiro.
Demikian pula bidang pertanian, yang sebagian hasil pertanian seperti sayur serta buah juga terdampak. Salah seseorang pengepul sayuran, Dewa Putu Wimpie Wardhiana, menyebutkan sekarang ini supply sayuran terlebih ke hotel berbintang alami penurunan yang angka penurunannya menjangkau 30 %. “Kalau untuk restoran masih tetap cukup stabil pengirimannya, karna peluang orang-orang lokal juga jadi customer. Tetapi yang paling merasa alami penurunan mencolok yakni pada hotel-hotel bintang 5 di Bali, ” katanya.
Berkaitan kondisi ini, pengamat ekonomi, Prof. Dr. Ida Bagus Raka Suardana, S. E., M. M., menjelaskan, lesunya perekonomian bukan sekedar berlangsung di bebrapa lokasi terdampak, yang orang-orang itu tidak mempunyai pendapatan kurun waktu lama hingga tak ada perkembangan ekonomi. Diluar itu instansi keuangan pada lokasi itu akan terdampak pada credit macet.
Dia menjelaskan, dibatalkannya sebagian penerbangan serta hotel pada akhir th. ini, pasti juga akan menyebabkan pada juga akan terkoreksi projectsi perkembangan ekonomi triwulan IV ini. “Dengan ini, penyerapan tenaga kerja juga akan berlangsung penurunan, karyawan akan tidak bisa bonus, jasa service serta sebagian telah berlangsung sekarang ini. Jikalau Gunung Agung meletus, namun tidak berlangsung pembatalan penerbangan, mungkin saja tidaklah terlalu serius efeknya, ” katanya.