Iklan Terkini

Budidaya Melon Agar Tumbuh Subur

Cara dan doa agar tanaman

Petani Muslim Jika Ingin Panen Hasil

Kartel Pertanian Jadi Penyebab Rendahnya Minat Pemuda Bertani

  • December 07, 2017
  • asepx

 Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia Lokasi Nusa Tenggara Barat H Willgo Zainar menyebutkan aroma kartel pangan yang memastikan harga serta supply komoditas pertanian didalam negeri jadi penyebabnya rendahnya ketertarikan pemuda berwiraswasta tani.

“Saya sangka sekarang ini memanglah merasa kalau bidang pertanian kurang disukai oleh pemuda karna mungkin saja lihat kalau bidang itu tidak menjanjikan masa depan yang cerah untuk mereka, ” kata Willgo di Mataram, Rabu (6/12).

Menurut Anggota Komisi XI DPR RI daerah penentuan NTB ini, potret fakta yang diliat pemuda kalau kehidupan petani alamiah terlihat makin hari makin berat karna mesti berkompetisi dengan petani dari luar negeri.

Nyaris beberapa keperluan pangan untuk rakyat Indonesia di-import dari sebagian negara. Walau Indonesia di kenal jadi negara agraris serta negeri maritim karna perairan laut dengan beragam berisi begitu luas.

“Aroma kartel pangan didalam negeri cukup merasa hingga petani hp samsung murah dibawah 1 juta kita tertekan dalam pertandingan yg tidak seimbang, ” ucap politisi Partai Gerindra ini.

Di beda bagian, kata Willgo, pemuda serta terutama anak petani rasakan kalau tiap-tiap masa tanam, orang tuanya alami kesusahan peroleh pupuk serta bibit yang sempurna. Serta ketika musim panen harga hasil produksi jatuh karna dikendalikan oleh pedagang serta pasar.
Pemerintah Disuruh Turun Tangan

Ketua Dewan Penasehat Pemuda Tani Indonesia Lokasi NTB ini yakini pemuda pastinya akan tertarik ke bidang pertanian dengan profesional serta moderen, bila pemerintah dapat merampungkan beragam persoalan serta memberi keberpihakan pada petani dalam negeri.

Terlebih perubahan ilmu dan pengetahuan di bagian pertanian didukung dengan infrastruktur serta perlengkapan dan tehnologi pas manfaat dalam sistem pascapanen yang efektif, jadi pastinya bidang pertanian juga akan disukai oleh pemuda.

“Perlu kita sambut baik imbauan Presiden Joko Widodo, sekalian kita menanti beberapa langkah konkrit pemerintah supaya pemuda percaya kalau bidang pertanian menjajikan masa depan yang cerah, sekalian untuk wujudkan kedaulatan pangan nasional, ” kata Willgo