Cara pemupukan Kelapa Sawit

  • October 15, 2015
  • arlini123

Hal paling terpenting sebelum memlakukan pemupukan adalah membersihkan dahulu piringan sawit, piringan sawit adalah bulatan disekeliling pohon sawit ini dilakukan agar hama tidak mengganggu proses pemupukan dan jangan lupa bersihkan keliling sawit dari rumput. Oke kita lansung saja melihat bagaimana cara pemupukan sawit yang baik.
 

Metode pemupukan sawit 

  1. Untuk di tanah yang datar pupuk ditabur merata 0,5 m dari pohon kelapa sawit sampai pinggiran melingkar lakukancara ini secara merata.
  2. Jangan menyebarkan pupuk yang bukan pada tempatnya, karena akan mempengaruhi hasil dari pemupukan kelapa sawit yang dilakukan. 
  3. Sebarkan pupuk tepat kepada tanaman kelapa sawit yang mempunyai akar-akar rambut paling banyak. Letaknya kira-kira dekat mahkota daun bagian yang terluar dari kelapa sawit. 
  4. Gunakanlah selalu alat takaran pemupukan kelapa sawit supaya dosis pemupukan bisa tepat dalam penggunaannya. Untuk pengguna pupuk cair Biotrent sawit atau pupuk cair lainya takarannya adalah tutup botolnya lalu anda bisa lansung menyebarkanya di sekililing tanaman sawit atau dituang menggunakan ember. Pupuk memang baik untuk merangsang produktifitas buah kelapa sawit, tetapi jika berlebihan juga akan berakibat buruk. 
  5. Waktu adalah faktor yang sangat menentukan efektifitas pemupukan tanaman kelapa sawit.  Pastikan Anda memupuk tepat waktu dan tepat musim sehingga tidak mengganggu pertumbuhan kelapa sawit Anda.

    Dosis Pemupukan

    Berikut adalah tabel dosis pemupukan menggunakan metode pemupukan biotrent cair dan pupuk kimia

     

     

     

     

     

    Tempat penyebaran pupuk sawit

    Oke selanjutnya kita akan melihat tempat menyebaran pupuk atau lokasi yang dipilih sebagai tempat untuk melakukan pemupukan kelapa sawit adalah sebagai berikut:

    1. Bokoran
    2. Ujung bokoran 
    3. Ujung pelepah

    Cara praktis memupuk sawit

    1. Disebar dari atau langsung ditabur di atas tanah.
    2. Taburkan di rorak-rorak atau di pinggir guludan. Rorak atau guludan adalah gundukan dan saluran air. 
    3. Pemupukan dengan metode dibenam. 
    4. Dimasukkan dalam tanah dalam bentuk cairan. 
    5. Dimasukkan ke dalam batang. (Stem injection).
    6. Memupuk melalui daun (Nutritional spray).