Sekilas

Fitur "Diskusi" ini dapat menjadi wadah Anda diskusi sesama anggota E-Petani seputar dunia pertanian.

Untuk dapat membuat thread,silahkan login  terlebih dahulu

Thread Terkini

pendi 3 years ago

mantap

balas    


mukodimah 3 years ago

Pupuk organik cair dalam pembahasan ini mengacu pada pengertian pupuk organik dan pupuk kompos yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya. Secara singkat bisa dikatakan pupuk organik cair adalah pupuk berfasa cair yang dibuat dari bahan-bahan organik melalui proses pengomposan. Untuk merangsang pertumbuhan daun, pupuk organik cair bisa disemprotkan pada tanaman yang baru bertunas. Sedangkan untuk menghasilkan buah, biji atau umbi, pupuk disemprotkan saat perubahan fase tanaman dari vegetatif ke generatif. Bisa disemprotkan langsung pada bunga ataupun pada batang dan daun. Setiap penyemprotan hendaknya dilakukan dengan interval waktu satu minggu jika musim kering atau 3 hari sekali pada musim hujan. Namun dosis ini harus disesuaikan harga motor kawasaki bekaslagi dengan jenis tanaman yang akan disemprot.

balas    


Nicken 3 years ago

MEMBAJAK SAWAH MENGGUNAKAN ALAT ATAU MESIN - Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar, sehingga ketersediaan pangan khususnya beras bagi masyarakat harus selalu terjamin. Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan masyarakat maka, masyarakat akan memperoleh hidup yang tenang dan akan lebih mampu berperan dalam pembangunaan.

Beras merupakan salah satu makanan pokok bangsa Indonesia. Oleh karena itu, perhatian akan beras atau tanaman padi tidak ada henti-hentinya. Perjalanan bangsa Indonesia dalam pengadaan beras pun berliku-liku yang pada harga tas akhirnya dapat berswasembada beras pada tahun 1984. keadaan tersebut tentunya perlu dipertahankan hingga sekarang.

Penyediaan pangan yang cukup, merata dan bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Pandeglang merupakan suatu prioritas yang terpenting guna mewujudkan ketersedian pangan.

Beras merupakan bahan pangan pokok yang vital bagi hampir 200 juta rakyat Indonesia. Itulah sebabnya program swasembada beras menjadi sangat penting. Pencetakan sawah baru dan program intensifikasi merupakan upaya pemerintah agar Indonesia dapat terus berswasembada beras.

Menanam padi di sawah sudah mendarah daging bagi sebagian besar petani Indinesia. Pekerjan ini banyak diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi. Cara penanaman yang dilakukan boleh dikatakan tidak berbeda dari sistem yang dilakukan nenek moyang kita sejak mengenal lahan sawah.

Sejak zaman dulu hingga sekarang, hampir semua sawah ditanami harga kosmetik dengan cara konvensional. Petani meneruskan cara budidaya yang biasa dilakukan orang tua atau kenalannya. Orang tua atau kenalan tersebut pun hanya meniru ata mengikuti cara yang biasa dilakukan generasi sebelumnya.

Beberapa kelemahan ternyata tampak dalam sistem pengolahan tanah yang biasa diterapkan petani. Air yang boros, tenaga kerja banyak, biaya relatif besar, serta waktu yang relatif banyak yang dicurahkan petani merupakan hal yang menonjol.

Sesuai dengan perkembangan zaman berbagai permasalahan baru dalam produksi padi mulai banyak timbul. Berkurangnya lahan sawah karena digunakan kepentingan lain, kurangnya tenaga kerja produktif di pedesaan, berkurangnya ketersediaan air irigasi dan lainya merupakan masalah yang membutuhkan jalan keluarnya

Sistem penanaman padi sawah biasanya didahului oleh pengolahan tanah secara sempurna seraya petani melakukan persemaian. Mula-mula sawah dibajak. Pembajakan dapat dilakukan dengan menggunakan mesin maupun hewan ternak atau melalui pencangkulan oleh petani. Setelah dibajak tanah dibiarkan selama 2-3 hari, selanjutnya tanah dilumpurkan dengan cara dibajak lagi untuk kedua kalinya, setelah itu bibit hasil semaian ditanam dan selanjutnya proses pemeliharaan tanaman padi hingga proses pemanenan..

Tenaga kerja merupakan salah satu faktor yang harga sepatu penting dalam meningkatkan produksi tanaman padi sawah namun kenyataannya minat tenaga kerja produktif sangat kurang dan kita ketahui bahwa dalam budidaya padi sawah ini kebutuhan tenaga kerja sangat diperlukan dan setiap tahunnya biaya tenaga kerja selalu meningkat. Sehingga hal ini dapat membengkakkan biaya produksi sehingga dapat mengurangi pendapatan bagi petani.

balas    


 Show Replies